Penyebab Sakit Punggung Kanan Bawah

Penyebab Sakit Punggung Kanan Bawah

Tulang belakang memberikan kekuatan dan stabilitas ke seluruh tubuh. Sebagai jenis nyeri punggung yang paling umum, banyak orang akan mengalami nyeri punggung bawah setidaknya sekali dalam hidup mereka. Beberapa mungkin mengalami sakit punggung ringan sementara yang lain mungkin hidup dengan sakit punggung kronis parah yang mencegah fungsi sehari-hari yang sederhana. Ada banyak jenis sakit punggung,penyebab sakit pinggang sebelah kanan serta penyebab yang berbeda. Kondisi yang mempengaruhi otot, tulang, saraf, atau organ semuanya dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kanan bawah punggung. Memahami penyebab nyeri punggung kanan bawah dapat membantu dokter tulang belakang bersertifikat mengidentifikasi kondisi mendasar atau cedera yang bertanggung jawab atas nyeri ringan atau berat. Lebih penting lagi, pengetahuan penting ini dapat membantu dokter menyusun rencana perawatan yang efektif untuk pemulihan yang optimal.

Nyeri Punggung Kanan Bawah Dari Disk Herniasi

Sebuah pengembangan disk hernia ketika tonjolan disk pecah atau herniasi melalui dinding halus dari diskus intervertebralis. Akibatnya, bahan kental dari bagian dalam cakram dapat tumpah ke kanal tulang belakang, sehingga menghasilkan rasa sakit yang hebat karena menimpa saraf sensitif di satu sisi tubuh. Dalam kebanyakan kasus, herniasi diskus berasal dari keausan bertahap terkait usia yang disebut sebagai degenerasi diskus. Tanda dan gejala cakram hernia tergantung pada lokasi di tulang belakang dan jika cakram menekan saraf. Gejala paling umum yang akan dialami pasien termasuk nyeri di bokong, paha, dan betis, mati rasa atau kesemutan dari saraf yang terkena, dan kelemahan otot yang memengaruhi stabilitas dan kemampuan mengangkat atau memegang barang.

Nyeri Punggung Kanan Bawah Dari Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang timbul dari penyempitan abnormal kanal tulang belakang Gejala Stenosis Tulang Belakang bervariasi dari pasien ke pasien dan dapat berkisar dari nyeri ringan dan dapat diatasi, kesemutan pada ekstremitas dari saraf terjepit hingga mobilitas terbatas. Gejala stenosis tulang belakang bervariasi dari pasien ke pasien, seperti halnya lokasi di mana penyempitan terjadi. Karena gejala stenosis tulang belakang sangat mirip dengan gejala kondisi tulang belakang lainnya, mungkin sulit untuk mendiagnosis kondisi yang menyakitkan ini dengan benar. Gejala umum yang terkait dengan stenosis tulang belakang bertingkat termasuk masalah keseimbangan dan koordinasi, mati rasa, berkurangnya keterampilan motorik halus, dan komplikasi dengan kontrol kandung kemih/usus.

Sakit Punggung Kanan Bawah Dari Keseleo dan Ketegangan

Keseleo dan ketegangan adalah penyebab utama nyeri punggung akut, yang dapat berkisar dari ringan hingga parah. Keseleo terjadi ketika pasien meregangkan atau merobek ligamen yang rapuh sementara ketegangan mengacu pada tendon atau otot yang robek. Penyebab paling umum keseleo dan ketegangan termasuk mengangkat benda berat atau teknik mengangkat yang tidak tepat, memutar atau menyentak tubuh dalam gerakan canggung, jatuh, dan peregangan berlebihan atau gagal melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga.

Pasien mungkin mengalami kombinasi dari beberapa gejala, yang meliputi nyeri dan kekakuan pada punggung bagian bawah, rentang gerak yang terbatas, kesulitan berdiri atau duduk tegak, dan nyeri yang meluas ke bokong.

Mengobati nyeri punggung bawah kanan akibat keseleo dan tegang tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan gejala pasien. Pasien dapat mengobati keseleo dan ketegangan ringan dengan istirahat, kompres es, dan pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen dan asetaminofen. Untuk keseleo dan ketegangan yang lebih parah, spesialis tulang belakang bersertifikat dapat mengobati nyeri punggung bawah kanan pasien dengan meresepkan pelemas otot dan pereda nyeri yang lebih kuat, terapi fisik, dan bahkan intervensi bedah setelah menghabiskan semua pendekatan konservatif.

Nyeri Punggung Bawah Dari Apendisitis

Apendisitis terjadi ketika usus buntu meradang karena penyumbatan atau infeksi. Sementara radang usus buntu biasanya menyebabkan rasa sakit yang hebat di sisi kanan perut, rasa sakitnya masih bisa meluas ke sisi kanan punggung. Gejala umum radang usus buntu yang harus diwaspadai termasuk kembung atau kelebihan gas, pembengkakan di perut, kehilangan nafsu makan, muntah, mual, dan sembelit atau diare. Pasien harus segera mencari perawatan medis karena kondisi serius ini memerlukan operasi pengangkatan usus buntu, yang disebut sebagai usus buntu.

Nyeri Punggung Bawah Dari Masalah Ginjal

Pasien mungkin merasakan gejala nyeri di punggung kanan bawah ketika infeksi bakteri atau virus yang mempengaruhi saluran kemih menyebar ke satu atau kedua ginjal. Kegagalan untuk mencari pengobatan dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit ginjal kronis, gagal ginjal atau sepsis. Sepsis adalah penyakit yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk melepaskan bahan kimia ke dalam aliran darah untuk melawan infeksi.

Gejala yang ditimbulkan antara lain mual dan muntah, nyeri pada satu atau kedua sisi punggung, urin berbau busuk, sering buang air kecil, sensasi terbakar saat buang air kecil, urin keruh, berwarna gelap atau berdarah, kedinginan, dan demam. Dokter tulang belakang bersertifikat dapat membantu meringankan gejala nyeri pasien dengan meresepkan antibiotik dan pereda nyeri yang lebih kuat.

Nyeri Punggung Bawah Dari Kolitis Ulseratif

Kolitis ulserativa adalah kondisi kronis yang bermanifestasi dari peradangan pada lapisan usus besar, atau usus besar. Kolitis ulserativa biasanya memicu diare yang berkelanjutan, yang mungkin mengandung darah atau nanah. Kolitis ulserativa juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut dan kram yang menyebar ke satu atau kedua sisi punggung. Gejala umum lainnya yang terkait dengan kolitis ulserativa terdiri dari kehilangan nafsu makan, mual, buang air besar yang sering dan menyakitkan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, demam, dan anemia. Sayangnya, saat ini tidak ada obat untuk kolitis ulserativa. Meskipun demikian, pasien masih dapat menerima pengobatan dengan tujuan mencapai remisi, yang berarti periode dengan sedikit atau tanpa gejala.

Nyeri Punggung Kanan Bawah Dari Kondisi Khusus Pria

Nyeri di sisi kanan bawah punggung mungkin berasal dari kondisi yang khusus untuk pria. Torsi testis terjadi ketika testis pasien pria berputar di dalam skrotum, yang memutar korda spermatika. Kejadian ini berpotensi membatasi atau menghalangi aliran darah ke testis. Selain nyeri ringan hingga berat di punggung kanan bawah, torsio testis dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Selain nyeri punggung kanan bawah, pasien harus mewaspadai gejala mulai dari rasa sakit yang parah dan tak terduga di testis atau selangkangan, pembengkakan skrotum, mual, muntah, dan darah dalam air mani. Pasien dapat menghilangkan gejala nyeri dengan menjalani prosedur pembedahan untuk melepaskan korda spermatika, atau – dalam kasus yang lebih kritis – mengeluarkan testis.

Sakit Punggung Kanan Bawah Dari Kondisi Khusus Wanita

Dengan cara yang mirip dengan pria, wanita mungkin menunjukkan rasa sakit di punggung kanan bawah dari kondisi yang hanya mempengaruhi wanita. Mempengaruhi 1 dari 10 wanita, Endometriosis terjadi ketika jaringan rahim tumbuh di luar rahim, sering terletak di ovarium dan saluran tuba. Ketika jaringan tumbuh di ovarium kanan atau tuba falopi, dapat memperburuk organ dan jaringan di sekitarnya, sehingga berujung pada rasa sakit dari depan atau sisi kanan tubuh ke belakang. Pasien wanita memiliki perawatan efektif yang tersedia seperti terapi hormonal atau operasi laparoskopi. Tagihan kontrasepsi dosis rendah dapat membantu pertumbuhan ini menyusut sementara operasi dapat mengekstraksi pertumbuhan.