Pernikahan dan keuangan keluarga: Tujuh tips untuk berbagi beban

Pernikahan dan keuangan keluarga: Tujuh tips untuk berbagi beban

Menjaga pasangan Anda terlibat dalam pengelolaan keuangan bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Dalam kebanyakan situasi, ada seorang kutu buku (seperti yang sering dikatakan Dave Ramsey) dalam keluarga yang suka melakukan hal-hal angka. Nerd membayar tagihan, mengelola pengeluaran atau arus kas, mencari penawaran hebat dan mengerjakan spreadsheet keren.

Meskipun kutu buku melakukan semua hal ini, masih ada pengelola uang lain dalam keluarga. Ini pasangan kutu buku. Sekarang pasangan mungkin tidak terlibat dalam manajemen sehari-hari. Dalam banyak kasus, pasangan tidak mengetahui berapa banyak uang yang ada di rekening bank. Mungkin pasangannya hanya tahu berapa banyak yang bisa dia keluarkan untuk hiburan atau pakaian selama sebulan dan mungkin beberapa kategori anggaran lainnya.

Tapi, ini adalah pendekatan yang berbahaya untuk keuangan keluarga. Bagaimana jika sesuatu terjadi pada CFO keluarga? Akankah pasangannya tahu bagaimana masuk dan mengatur segalanya? Dan kita semua dianggap sebagai penatalayan keuangan di mata Tuhan. Jadi, kedua pasangan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang telah dipercayakan untuk pemeliharaan mereka oleh Tuhan. Jika salah satu pasangan tidak terlibat, bagaimana dia bisa mengelola sumber daya Tuhan dengan bijaksana? cara kelola keuangan rumah tangga

Jawabannya terletak pada beberapa ide untuk membuat orang keren, bukan kutu buku atau CFO keluarga, terlibat dalam keuangan keluarga. Pasangan tidak harus selalu terlibat dalam keuangan sehari-hari pada tingkat detail sebagai kutu buku, tetapi harus memiliki pengetahuan tentang sumber daya dan bagaimana mereka digunakan. Nah, jika Anda termasuk orang yang nerd, simak tips berikut agar pasangan Anda lebih terlibat dalam pengelolaan keuangan keluarga. Dia akan menghargainya jika dilakukan untuk alasan kuat yang baru saja saya sebutkan.

1. Anggaran bersama setiap bulan

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan pasangan bersama adalah menganggarkan uang mereka bersama setiap bulan. Meskipun Anda memiliki pengeluaran tetap, masih ada keputusan perencanaan yang harus dibuat setiap bulan untuk pengeluaran diskresioner.

2. Berikan laporan status mingguan

Sementara pertemuan bulanan itu penting, begitu juga pertemuan mingguan tentang uang. Semua ini membutuhkan tinjauan pengeluaran untuk kategori anggaran utama dan diskusi tentang pengeluaran signifikan baru yang diperlukan untuk bulan tersebut. Saya suka menganggapnya sebagai pertemuan status. Jika Anda ingin membawanya ke langkah berikutnya, Anda dapat menuliskan saldo kategori anggaran utama untuk pasangan Anda sehingga dia mengetahui keadaan keseluruhan dari rencana pengeluaran.

3. Biarkan pasangan Anda memberi perpuluhan

Salah satu pasangan mungkin sering membayar tagihan, persepuluhan online, atau bahkan menulis cek untuk persepuluhan. Biarkan pasangan lain melakukan tugas penting ini. Kemudian, berikan bersama secara online atau bawa cek Anda ke gereja. Saya tidak bisa cukup menekankan pentingnya kedua pasangan terlibat dalam pemberian doa setiap bulan.

4. Biarkan pasangan Anda membayar sebagian dari tagihan

Jadi dengan cara yang sama seperti di atas, mungkin pasangan Anda dapat membayar sebagian dari tagihan bulanan. Jangan membebani orang yang biasanya tidak melakukan pekerjaan ini untuk keluarga, tetapi memberi mereka beberapa tagihan utama untuk dikelola adalah cara yang bagus untuk melibatkan orang tersebut dan bagi mereka untuk memenuhi menjadi penatalayan keuangan yang baik.

5. Biarkan pasangan Anda menganggarkan atau mengelola area sesuai anggaran seperti belanja bahan makanan

Selain membayar tagihan, ini adalah cara hebat lainnya. Biarkan pasangan Anda melakukan pengelolaan seluruh anggaran daerah. Misalnya, istri saya mengurus pakaian untuk anak-anak, dia sering membeli oleh-oleh untuk pesta ulang tahun dan untuk keperluan lain-lain. Dia bertanggung jawab untuk mengetahui berapa banyak uang yang telah dialokasikan untuk area tersebut dan untuk mengelola dalam sub anggaran atau kategori tersebut.

6. Memberikan visibilitas ke perangkat lunak keuangan pribadi Anda

Balikkan salinan kunci untuk melihat penuh dan akses ke perangkat lunak keuangan pribadi. Pasangan harus dapat masuk ke akun, menemukan anggaran dan meninjau pengeluaran terhadap kategori anggaran. Melihat saldo rekening giro hampir tidak membantu atau sama pentingnya dengan mengetahui saldo anggaran berdasarkan kategori.

7. Mintalah masukan dari pasangan Anda

Terakhir, cara yang bagus untuk melibatkan pasangan Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan dan meminta masukan mereka tentang keputusan keuangan. Anda berada di wilayah berbahaya jika Anda mengelola uang di sebuah pulau sendirian tanpa nasihat keuangan atau nasihat dari pasangan Anda. Jika Anda seorang pria, jangan membuat kesalahan ini. Wanita memiliki kepekaan intuisi yang tinggi dan sering kali diberkahi dengan kebijaksanaan. Ini adalah kualitas dan karakteristik penting yang Anda butuhkan dalam tim pengelolaan uang keluarga Anda.